Friday 26 August 2016

Keindahan Alam Air Terjun Siparis

Lukisan Nyata Air Terjun Siparis
Menyusuri hutan pinus menjadi bonus perjalanan ke Air Terjun Siparis, Desa Gunung Meriah,Simalungun. Wisatawan juga harus menyusuri ladang warga, selanjutnya melewati anak sungai yang begitu jernih.
"Lagi, sepanjang perjalanan disuguhkan pemandangan yang indah dan begitu alami yang ada di dalam hutan menuju Air Terjun Siparis,''
Namun, jangan terburu-buru untuk turun ke Air Terjun karena disarankan membawa tali sepanjang 5 meter untuk turun karena medannya yang licin dan terjal.

Ketinggian air terjunnya memang pendek, hanya sekitar 5 meter. Tapi airnya yang jernih dan pemandangan sekitaran yang membuat air terjun ini memiliki point lebih dibandingkan air terjun lainnya.
Menurut Satriawan,ketua komunitas pecinta alam ''AKAR TUNGGAL'', bagi traveller yang tertarik menyambangi Air Terjun Siparis sebaiknya menggunakan jasa pemandu. Pasalnya di sana banyak kelokan dan jalan terjal yang tentu untuk melewatinya dibutuhkan panduan dari penduduk yang sudah mengetahui medan dan dapat membantu wisatawan melewatinya.

Pagi yang cerah membuat kami ini semangat untuk menjelajahi air terjun si paris.Kami pun bergerak dengan Rute NAGA TIMBUL-BATU RATA-BANGUN PURBA-SILINDAK dan GUNUNG MERIAH...Waktu yang kami tempuh sekitar 2 jam dengan mengendarai sepeda motor.

Oh...ya...untuk ke air terjun si paris ini,kita melewati kawasan WISATA TINGGI RAJA sekitar 1 jam lagi,Akses jalan nya pun  lumayan bagus.Sehingga laju kendaraan kami  cukup kencang,Tetapi tetap harus waspada bisa-bisa nanti kalian masuk jurang.Karna teman saya pun kemarin hampir masuk jurang gara-gara Gebut-ngebutan(curhat ne :D)

Setelah sampai di simpang Desa Gunung Meriah,Kita pun masi melakukan perjalanan sekitar 500 Meter lagi
Trus jumpa jembatan yang baru  di bangun,sebelu di jembatan kita berhenti di Loss tempat parkiran sepeda Motor kita nanti.
Sesampai di parkiran kami pun bertanya pada warga untuk menuju keair terjun tersebut,Dan warga pun Menyaran kan agar mereka yang mengantar kan kami.Dan untuk biaya uwak uwak jasa ranger/guide
Bisa langsung negoisasi denagan warga di sini,Tenang aja,biaya uwak uwak jasa  ranger/guide cukup murah  kok,masi terjangkau....Setelah kesepakatan harga dengan warga(jasa ranger/guide) deal, kami pun langsung Melanjut kan perjalanan dari parkiran menuju air terjun si paris....

Subbhanallah.....sunguh indah pemandangan yang kami lihat,mengalahkan rasa capek dan lelah menuju Perbukitan dengan ilalang yang tumbuh tinggi hampir merata,Dan kami pun berhenti di pohon pinus dan sejenak bepoto sambil istirahat,Setelah itu kami pun melanjut kan perjalanan menyelusuri ladan ng warga Seperti ladang kopi,cabai dll.

Selanjut ny kami melakukan perjalanan menuju hutan dengan menyelusuri anak sungai yang sangat amat Jernih,sepanjang perjalanan kami di perlihat kan pemandangan alam yang sangat alami dan terjaga yang ada Di dalam hutan yang kami lalui.

Perjalanan kami sangat melelah kan di karna kan tidak haya jalanan datar,Namun kami harus melelui Beberapa tanjakan yang menguras tenaga....(cape deh....:D)...
Tetapi kami tidak ada kata capek sebelum sampai di tujuan kami yaitu air terjun si paris,setelah hampir 1 jam Perjalan,akhir nya kami mendengar suara derasnya airyang mengalir hingga membuat kami  tambah bersemangat,dan kami pun melanjutkan perjalandan apa yang kami lihat di depan sana,ternyata subbhannallah.....sungguh luar biasa indah nya,di tengah hutan yg lebat terdapat sebuah keindah alam yg sangat menakjubkan,dan itu dia yang di nama kan air terjun si paris.namun jangan terburu buru untuk turun Ke air terjun tersebut,di saran kan untuk membawa tali sepanjang 5 meter untuk sebagai alat bantu kita turun kebawah...karna jln untuk ke air terjun  adalah jalan menurun dan sedikit agak licin...

Sesampai di bawah kami lansung membuka berbekalan makanan kami untuk makan siang bersama yang beralasan batu cadas dan berlangit rimbunan pohon,setelah makan siang kami langsung mandi di air terjun tersebut,air nya begitu jernih dan tersa amat segar sekali.

4 L di perjalanan tadi pun terbayar sudah.(lemah,letih,lesu dan lenjeh)
sesi poto poto pun tak ketinggalan kami buat,hehehehe,.....
air terjun si paris mempunyai ketinggian kurang lebih 20 meter......

Si uwak uwak ranger/guide itu berkata bahwa sanya masi ada lagi air terjun yang tinngi nya 100 meter lebih kalau kita mau melakukan perjalanan lagi sekitar 3 jam lebih,tapi apa mau di kate waktu sudah menunjukan pukul-pukulan tepat,waktu sudah jam 16.00 wib,jadi kami pun harus mengakhiri petualangan kami di air Terjun si paris ini,dan segerera bergegas meninggallkan air terjun tersebut.dan tidak lupa sembaris kami kembali membawa sampah pulang agar di buang di tempat tong sampah warga setempat.

Setelah sampai di tempat parkiran sepeda motor kami,kami langsung membersih kan diri sembari berganti baju,kami langsung berpoto ramai ....dan kami pun lansung pulang dan tak lupa pamitan sembari berterimakasih sama uwak uwak ranger/guide yg telah mengantarkan kami tadi......