Friday 2 September 2016

Pesona Alam Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi

Mata Angin Sumatera-Siapa sih yang tidak tahu sebuah tempat yang sudah terkenal di daerah Berastagi kabupaten karo, tempat  orang-orang bersantai menikmati jagung rebus/bakar maupun makanan lainnya, sambil memandang luasnya panorama bukit-bukit hijau Berastagi dan bisa melihat monyet Gibon yang berkeliaran bebas di sekitarnya? Yupp, tempat tersebut biasa disebut Penatapan merupakan salah satu wisata kuliner yang ada di Berastagi. Penatapan berada di jalan Jamin Ginting Km.54 Berastagi dan hanya memakan waktu 1,5 Jam dari Kota Medan. Tapi, tahukah anda? bahwa ada hal lain dari Wisata Kuliner di Penatapan ini yaitu anda bisa sekaligus melihat indahnya air terjun di bawah penatapan ini.

Air Terjun Sikulikap itulah nama air terjun yang ada di bawah Penatapan tersebut. Air Terjun ini tidak kalah indah dan menarik dari air terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Sikulikap terletak di desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Saya bersama teman Sandy doank baru pertama kali mengunjungi Air Terjun Sikulikap ini pada tanggal 09 Maret 2016, padahal, kami sudah sering ke Penatapannya. Pintu masuk ke lokasi air terjun ini berada di dekat gerbang/gapura perbatasan Deli Serdang dengan Kabupaten Karo.

Di Daerah ini banyak satwa liar yang berkeliaran di hutan sekitar Air Terjun Sikulikap, monyet bergelantungan, burung gagak dan satwa lainnya yang berada di hutan yang sejuk dan tenang, air terjun Sikulikap ini sangat cocok untuk akhir pekn anda setelah seminggu sibuk pada pekerjaan anda.
Sebenarnya air terjun Sikulikap merupakan air terjun yang sangat indah, apalagi didukung oleh keadaan hutan dan perbukitan yang hijau, namun keadaannya seperti tidak terurus, maka pada saat mengunjungi ke air terjun Sikulikap ini tidak dikenakan biaya tiket masuk atau retribusi.

Pintu masuk menuju air terjun tepat berada di dekat gapura tanda batas antara Kabupaten Karo dan Deli Serdang. Dari jalan raya Anda harus berjalan kaki kurang lebih satu kilometer, jadi Anda bisa parkir kendaraan di warung-warung kuliner tersebut. Dengan menyusuri hutan yang masih asri dengan kesejukannya selama kurang lebih 15 menit Anda akan menyaksikan keindahan air terjun Sikulikap tersebut. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter menghujam deras ke bebatuan yang sudah mulai licin dengan lumut, jadi berhati-hatilah dalam menikmati kesegaran air terjun ini. Sumber air terjun tersebut berasal dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan, yang merupakan kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser yang berada dikawasan Taman Wisata Lau Debuk.

Biar lebih aman dan mudah, sebaiknya kendaraan anda, baik mobil ataupun sepeda motor, diparkirkan saja di Warung-warung jagung yang ada di penatapan tersebut. Yah, disarankan jangan hanya numpang parkir kendaraan saja, sebaiknya anda juga makan atau sekedar minum juga di warung jagung yang dititipkan kendaraan anda. :)
Setelah itu, langsung saja menuju pintu masuk lokasi menuju Air Terjun Sikulikap. Saat saya kesana tidak ada pungutan atau kutipan retribusi/uang masuk sama sekali alias Gratiss. Jarak menuju Air Terjun dari pintu masuk sekitar 1 Km. Anda harus berjalan kaki menelusuri hutan dan menuruni anak-anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Sikulikap Ini.
Saya heran, banyak terdapat tempat istirahat berbentuk kursi yangg terbuat dari batu, namun sudah tidak terurus, alias sudah banyak berlumut. Padahal menurut saya ini merupakan Wisata Alam di kabupaten Karo Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi.

Berdasarkan kutipan yang saya baca di Sumut Pos Online bahwa, "Pada era tahun 90an Air Terjun Sikulikap merupakan ojek wisata idola di Berastagi. Banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun manca negara, bahkan penduduk tanah Karo kerap mengunjungi lokasi wisata ini. lokasi Air Terjun Sikulikap sangat potensial sebagai tempat wisata tracking bagi turis dari luar negeri khusunya eropa, selain itu bagi wisatawan lokal tempat ini juga dulunya sering dijadikan tempat barbekyu sambil menikmati kesegaran air dan kesejukan alam. Selain itu Ketua Komisi C DPRD Karo mengatakan pada saat pengesahan APBD Karo, anggaran untuk objek wisata Sampuren Sikulikap tidak dianggarkan tahun 2012".


Tidak terasa berjalan menelusuri hutan yang begitu asri, sekitar 15 menit anda sudah sampai dan dapat melihat keindahan Air Terjun Sikulikap. Air Terjun ini mempunyai ketinggian jatuh sekitar 30 meter. Sumber air terjun ini berasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo. Air Terjun Sikulikap berada di tengah-tengah Hutan Hujan Tropis Lebat dan banyak monyet Gibon bergelantungan. Air yang jatuh sangatlah deras serta banyak batu-batu besar dibawahnya. Hati-hati saat berjalan di sekitar batu dibawah Air Terjun Sikulikap ini, karena batu tersebut telah banyak lumut dan menjadi Licin.\

Disamping Air Terjun Sikulikap terdapat dinding-dinding batu yang cadas, dahulu sering digunakan sebagai panjat tebing para pecinta alam. Keasrian tempat ini terbukti masih terjaga dengan baik terbukti masih dapat Anda saksikan monyet Gibon yang bebas bergelantungan di pepohonan. Jika penataan kawasan ini dikembangkan lebih baik lagi maka keberadaan air terjun tersebut akan menjadi tujuan wisata yang sangat diminati.
Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, yakni dari kota Medan menuju arah Berastagi. Sesampainya di Gapura perbatasan Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Karo terdapat petunjuk menuju Air terjun tersebut. Sebaiknya kendaraan dititip di Penatapan yang banyak terdapat di sekitar pintu masuk.

Objek wisata lain yang cukup dekat dengan Sikulikap adalah Gunung Sibayak, Gunung Sibayak terletak di Barat daya kota Medan, orang setempat menyebutnya dengan “Gunung Raja“. Gunung Sibayak mempunyai ketinggian 2.212 m, berapi aktif dan terakhir meletus tahun 1881.

Dibutuhkan Promosi kembali akan indahnya Air Terjun Sikulikap ini, serta perhatian dari pemerintah daerah untuk melestarikan keberadaan air terjun ini karena Air Terjun Sikulikap merupakan Objek Wisata Alam di Kabupaten Karo yang wajib anda kunjungi. Demikianlah Artikel singkat tentang keberadaan Air Terjun Sikulikap di Penatapan Berastagi. Semoga dapat memberikan manfaat tentang Wisata Alam yang ada di Sumatera Utara








No comments:

Post a Comment